Wednesday, October 27, 2010

Writing Everything


           Gw tuh sebenernya gak pinter nulis tapi seneng nulis, ya nulis apapun. Gw itu bukan kayak novelis, cerpenis ato sebutan apalah buat para penulis yang mahir di bidangnya. Gw mah demen corat coret doank, dari jaman anak-anak, dari jaman baru bisa nulis segala macem ditulis, apa yang diliat, apa yang dirasain, apapunlah termasuk kayak sekarang gw lagi nulis apa coba ini namanya, gak tau en gak jelas kan? hahahah.. Tapi kadang gw nulis cerita juga, ya sebenernya dari sesuatu yang gw liat cuma penyampaiannya gw kemas sedemikian rupa, kadang juga sesuatu yang asalnya dari alam khayal gw, tokohnya juga tokoh khayalan walaupun sebenernya dari tokoh di tiap cerita pasti gw nyelipin sisi diri gw, hihihi... Jujur aja ya, gw gak bisa nulis sesuatu yang sebenernya bukan gw banget, makanya ada sisi diri gw yang suka nyempil (utuh juga gak mungkin kan ya bok, jadinya ntar kisah nyata sang penulis lagi, hahahah). Nulis yang ilmiah? Pernah sih tapi gak sukaaaaaaaaaaaaaakk, gak bebas berkreasi (yaeyalah, namanya juga ilmiah). Gw lebih suka nulis fiksi (halah, pake bahasa penulis boook si gw), khususnya cerpen, doyan banget banget banget (eh, nulis geje kayak gini juga demen sih, hihi). Kayaknya ya, setiap gw ngeliat ato ngerasain sesuatu pengen cepet-cepet ditumpahin dalam bentuk cerpen, dalam tokoh-tokoh khayalan gw, trus gw improve cerita deh sesuai kemauan gw. Boleh percaya ato gak, semua yang gw tulis itu cuma buat kesenengan pribadi aja, bukan buat konsumsi umum. Gw jg suka banget baca ulang cerita-cerita yang udah gw bikin sendiri, suka senyum-senyum en geli sendiri kalo udah begitu, kadang malah mikir: kok bisa ya gw nulis yang beginian, konyol banget sih, hahahahaha. Jelas-jelas gw hafal titik komanya, alur ceritanya tapi tetep ya disuruh sejuta kali baca tulisa sendiri gw tetep suka. Bener-bener bisa dijadiin hiburan kalo lagi bete, empet, eneg, ato kalo lagi down dan sejenisnya. Dari semua cerita yang gw bikin kebanyakan ceritanya yang konyol-konyol gitu, gak tau kenapa ngalir banget kalo disuruh nulis sesuatu yang konyol. Ada juga memang beberapa cerita yang gw set serius dan itu kerasa banget nguras tenaganya, gw tuh kayak yang bener-bener berpikir keras untuk bikin cerita itu kerasa sense seriusnya. Apa dasar gw aja yang orangnya yang gak bisa terlalu serius kali ya, jadi aja untuk urusan tulis menulis pun gw susah buat bikin cerita yang serius. Tapi tapi tapi gw iatan donk buat bikin novel, novel yang serius pula. Bayangkan pemirsa, untuk bikin cerpen serius aja gw kesusahan setengah mati malah sok mau bikin novel yang serius, novel boooooooooookk... Ya, mau gimana lagi abisnya? Ide yang ada di kepala itu ceritanya emang serius, mungkin sih dikemas konyol tapi gak cocok menurut gw, gw tuh udah ngebayangin gimana berdara-darah dan mengharu birunya itu novel. Susah emang buatnya, di benak gw novel ini banyak banget unsur-unsur nyata nya meskipun ini cuma cerita fiksi, makanya dari dulu sampe sekarang gw mentok di chapter satu, hihihihi... tapi tetep ya, gw mau suatu hari novel itu jadi, gak niat buat diterbitin juga karena dari awal gw emang bikin tulisan cuma buat konsumsi dan kesenangan pribadi aja. Oya, gw juga suka nulis puisi, tapi puisi gak bisa sembarangan gw bikinnya, ya meskipun puisi gw seringnya gak puitis dan gak banget tapi gw bikinnya pake hati (gak disambel goreng loh, hahah), seringnya sih kalo lagi galau, jadi deh tuh puisi. Dan setelah ditilik berulang-ulang emang kebanyakan puisi gw lahir dari kegalauan dan biasanya bikin sekali jadi, gak pake edit-editan ato pake mikir, tumpah aja gitu. Kalo untuk cerpen bisa gw targetin dalam sebulan harus bisa bikin sekian cerpen tapi gak dengan puisi, karena bikin puisi emang bener-bener tergantung suasana hati, puisinya jadi aneh kalo bikinnya dipaksa, berasa ada yang janggal aja gitu. Dan diantara semuanya, novel (yang belom jadi juga), cerpen (konyol), dan puisi (galau) yang paling sering gw lakuin adalah nulis gak jelas (gak dimasukin di opsi pula) kayak sekarang ini, hahahahaha... 
         

No comments:

Post a Comment